I. Arti Pengembangan Organisasi
Pengembangan Organisasi
adalah program yang berusaha meningkatkan efektivitas keorganisasian
dengan mengintegrasikan keinginan bersama akan pertumbuhan dan
perkembangan dengan tujuan keorganisasian. Pengembangan organisasi
sebagai suatu disiplin perubahan perencanaan yang menekankan pada
penerapan ilmu pengetahuan dan praktek keperilakuan untuk membantu
organisasi-organisasi mencapai efektivitas yang lebih besar.
II. Sejarah Perkembangan Organisasi
Sejarah Pengembangan Organisasi ditunjukkan oleh lima latar belakang :
a. Pelatihan laboratorium, adalah bagaimana setiap individu bisa memahami arti dari organisasi.
b. Umpan balik survei, antara individu saling bekerja sama
c. Riset tindakan, menguji tindakan yang memungkinkan terjadinya kesalahan.
d. Produktivitas dan kualitas kehidupan kerja, yaitu hasil dari pencapain yang telah di uji sebelumnya,serta
e. Perubahan strategik.
Pertumbuhan yang berkelanjutan di dalam sejumlah pendekatan
Pengembangan Organisasi, praktisi, dan keterlibatan organisasi
membuktikan sehatnya suatu disiplin dan menawarkan suatu prospek yang
menguntungkan di waktu mendatang.
III. Karakteristik Pengembangan Organisasi
Karakteristik organisasi adalah perilaku dan tingkah laku suatu badan /
institusi terhadap kondisi yang ada diluar institusi itu maupun didalam
institusi itu sendiri, artinya dalam dunia bisnisnya selalu fokus
kepada pelanggannya yang bukan hanya dari luar perusahaan itu tapi juga
orang-orang di dalam perusahaan yang merupakan aset perusahaan itu
sendiri. Jadi semua mengarah kepada mutu yg ditentukan oleh 2 hal
seperti yg tertulis sebelumnya.
# Secara umum karakteristik pengembangan organisasi :
1) Keputusan yang penuh pertimbangan maksudnya adalah suatu hasil yang diperoleh berdasarkan strategi
yang telah direncanakan dalam rangka mewujudkan perubahan organisasional yang memiliki sasaran jelas
berdasarkan diagnosa yang tepat tentang permasalahan yang dihadapi oleh organisasi.
2) Diterapkan pada semua sub-sistem manusia baik individu, kelompok, dan organisasi maksudnya adalah
menerapkan cara-cara baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi dan semua
satuan kerja dalam organisasi.
3) Menerima intervensi baik dari luar maupun dalam organisasi yang mempunyai kedudukan di luar
mekanisme organisasi maksudnya adalah menerima segala bentuk campur tangan misalnya dalam bentuk
pendapat, baik dari anggota yang termasuk dalam sebuah organisasi atau berbagai pihak dari luar
organisasi.
4) Kolaborasi maksudnya adalah kerjasama antara berbagai pihak yang akan terkena dampak perubahan
yang akan terjadi.
5) Teori sebagai alat analisis maksudnya adalah menggunakan pengertian yang disebutkan secara tertulis lalu
diterapkan sebagai alat analisis untuk mendapatkan suatu hasil yang memuaskan dari suatu pengembangan
organisasi.
6) Mengutamakan potensi manusia maksudnya adalah mengandung nilai humanistik dimana pengembangan
potensi manusia menjadi bagian terpenting.
7) Interaksi dan Interpendensi maksudnya adalah menggunakan pendekatan komitmen sehingga selalu
memperhitungkan pentingnya interaksi, interaksi dan interdependensi antara berbagai satuan kerja sebagai
bagian integral di suasana yang utuh.
8) Pendekatan Ilmiah maksudnya adalah menggunakan pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan
efektivitas organisasi.
IV. Organisasi Masa Depan
Setiap organisasi pasti akan menghadapi persaingan yang semakin
kompleks dan menantang, baik persaingan aktual maupun potensial, yang
aktual harus dihadapi dan yang potensial perlu diantisipasi. Sebuah
organisasi pada hakekatnya dibangun oleh sekumpulan orang-orang dengan
tujuan bersama, bukan tujuan yang sama.
Dalam organisasi
(baik organisasi perusahaan maupun nonperusahaan) yang dipentingkan
ketika pertama kali berdiri adalah arahannya. Mau kemana orang-orang
yang di dalam organisasi itu. Dengan kata lain apa tujuannya. Jika dalam
horizon waktu yang lebih lama, apa visinya. Jadi, bukan penekanan pada
organisasi seperti apa yang akan dibangun pertama kali.
Tren
ke masa depan di dalam pengelolaan organisasi salah satunya adalah
adanya konsep Lean organisasi. Jika memasuki era milenium banyak sekali
konsep lean di dunia manufaktur, maka sekarang sudah banyak juga yang
membahas mengenai konsep lean organization. Dasar filosofisnya hampir
sama dengan lean manufacturing. Yakni mengacu pada efisiensi dan
efektivitas pengelolaan organisasian. Hemat dan cermat. Katakanlah
tingkat koordinasi dalam sebuah organisasi yang memerlukan banyak middle
management, maka jika sekiranya malah membebani informasi yang akan
disampaikan ke atas, posisi middle management dapat dihapus perlahan.
Konsep lain yang menjadi ideologi organisasi di masa depan adalah
organisasi virtual. Tantangan dunia di masa depan mengarah ke hal
tersebut. Yakni dunia maya yang penuh komunitas industri (cyberspace
industrial community). Virtual tidak sama dengan fatamorgana. Jika
virtual adalah sesuatu yang tidak berbentuk (Organisasi tidak berbentuk /
OTB) dan menghasilkan sebuah kegunaan. Sedangkan fatamorgana adalah
sesuatu yang tidak berbentuk tetapi tidak nyata. Salah satu contoh yang
sudah ada dalam konsep organisasi virtual adalah situs rajapresentasi
dot kom. Situs penyedia presentasi dari buku-buku referensi sesuai
keinginan pelanggan. Di situ hanya ada satu bagian saja yang merangkap
sebagai pemasaran, administrator, penerjemah, sekaligus direktur. Dan
bisa dikatakan organisasi raja presentasi tanpa kantor nyata. Sehingga
virtual tetapi hasil nyatanya ada.
Apa yang akan terjadi di
masa yang lebih mendatang lagi, dengan berbagai macam teknologi
komunikasi dan informasi? Jawabannya adalah organisasi yang bersifat
Plug and play. Organisasi bisa mengarah kepada komunitas maya. Dan
organisasi tersebut bisa dibilang sangat ringan, sehingga ke depan,
banyak organisasi induk yang punya anak cabang bermacam-macam organisasi
kecil yang menempel. Jika setelah selesai fungsinya, organanisasi dapat
bubar. Dan dalam waktu singkat pula dapat mengumpul lagi untuk
menjalankan sebuah fungsi. Lalu seperti apakah lagi contoh konkretnya di
masa mendatang? Kita tunggu jawabannya bersama.
# Membuat Daur Ulang Organisasi
Seperti yang kita tahu bahwa perkembangan organisasi saat ini sungguh
pesat. Semakin banyak macam - macam organisasi, dan juga cara berdiri
serta struktur - struktur organisasi yang ada di dalam nya pun berbeda -
beda. Di dalam lingkup organisasi ada yang baik maupun buruk. Untuk itu
kita sebagai penerus bangsa, harus lah membangun organisasi dengan cara
- cara atau tata aturan yang baik dan benar.
Kita harus
memiliki pandangan ke yang luas, orientasi ke masa depan, dan juga sikap
tanggung jawab. disiplin akan pekerjaan dan juga disiplin akan diri
sendiri juga harus kita terapkan , agar kita bisa berperan dengan baik
di dalam suatu organisasi.
Dan juga banyak perilaku - perilaku yang harus kita hindarkan, supaya tercipta nya suatu organisasi yang baik seperti :
- menurun nya produktivitas kerja, karna malas.
- muncul nya sikap egois dalam mengambil tindakan.
- tidak ada kerja sama yang baik.
- tidak ada komunikasi yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar